KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN PKn

KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN PKn

Guru memiliki karakteristik:

1.  Mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupannya sebagai warga Negara

2.  Mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME

3.  Bersikap terbuka dan tanggap terhadap dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju

4.  Tanggap terhadap permasalahan serta kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan

5.  Mampu mengembangkan dan meningkatkan pendidikan dasar sesuai dengan tuntutan perubahan dalam masyarakat

6.  Memiliki pengertian yang sahih mengenai konsep- konsep serta kaidah-kaidah ilmiah yang mendasar

7.  Mampu berpikir ilmiah

8.  Memiliki pengertian yang sahih mengenai substansi ilmiah bidang keahliannya

9.  Mampu menata dan mempresentasikan substansi ilmiah bidang keahliannya berdasarkan prinsip- prinsip pedagogic untuk mencapai kadar ketecernaan yang tinggi dalam pembelajaran

10. Mampu memanfaatkan temuan-temuan penelitian yang relevan

11. Memiliki dorongan kuat untuk secara terus- menerus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang relevan

12. Memiliki wawasan kependidikan yang tepat sebagai acuan dasar dalam menyikapi serta melaksanakan tugas-tugas profesionalnya

13. Mampu memahami serta menghargai kehidupan emosional dan akademik siswa

14. Mampu merancang, mengimplementasikan dan menilai proses serta hasil program pembelajaran

15. Mampu memanfaatkan hasil penilaian program pembelajaran untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu program pembelajaran berikutnya melalui refleksi professional

16. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan melalui penelitian

Beberapa kelemahan guru PKn dalam upaya memperkuat mutu dan proses pembelajaran:

1. Guru PKn tidak bertindak sebagai fasilitator

2. Guru PKn lebih banyak cenderung tampil sebagai pendidik yang dapat mengembangkan secara terintegrasi dimensi intelektual, emosional dan sosial

3. Guru PKn cenderung bertindak sebagai pemberi bahan pembelajaran

4. Guru PKn belum dapat melakukan pengelolaan kelas secara optimal

5. Guru PKn belum berkiprah secara langsung terencana membentuk kemampuan berpikir dan sistem nilai peserta didik

6. Guru PKn lebih banyak bertindak sebagain pengajar sehingga belum banyak bertindak sebagai panutan

7. Guru PKn belum secara optimal memberikan kemudahan bagi para peserta didik

Karakteristik model pembelajaran PKn:

1. Guru sebagai fasilitator untuk terjadinya proses pembelajaran yang oleh siswa melalui pengembangan potensi berpikir dan nilai

2. Guru sebagai pendidik memiliki kepekaan dan kemampuan untuk mengembangkan potensi intelektual, emosional dan sosial peserta didik

3. Guru PKn memiliki kemampuan untuk menciptakan situasi pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses belajar

4. Guru PKn memiliki kemampuan dalam pengelolaan kelas

5. Guru PKn mampu bertindak sebagai ilmuan pendidik yang dapat mengembangkan semangat berpikir ilmiah pembelajaran peserta didik

6. Guru PKn sebagai panutan terutama dalam pengembangan nilai-nilai

7. Guru PKn sebagai motivator sehingga tumbuh semangat ingin belajar

PRINSIP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS/PKN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN:

1. Menyadari bahwa skema kognitif,salah konsep atau teeori-teori yang naïf yang dimiliki siswa senantiasa akan dibawanyake dalam kelas.

2. Lebih memperhatikan pada adanya sudut pandang yang berbeda-beda dari siswa.

3. Membantu siswa mengeksplorasi, menggenerate, memantapkan, mengelaborasi, dan merefleksi ide-ide konsep siswa.

4. Merancang pembelajaran yang bersifat inkuiri sistimatik yang dapat mengakitkan ataumenjembatani kesenjangan yang terjadi antara konsep siswa dengan dengan konsep yang diharapkan oleh kurikulum.

5. Mempedomani siswa dengan berbagai konsep- konsep arahan,atau mendorong siswa agar berhasil mencapai pengertian baru atau dalam merestrukturisasi skema konsepnya.

6.Melakukan tukar pikiran dan proses-proses meta kognitif, sehingga siswa dapat melakukan refleksi terhadap proses yang terjadi, titik kunci keputusan yang diambil, ataubagaimana mereka mendapatkan kemantapan pengertian terhadap topic-topik tertentu.

7. Mengelaborasi skema mereka dengan membantunya melihat kaitan antara apa yang telah mereka ketahui dengan bidang-bidang kajian dan permasalahan yang terdapat di dalam pendidikan.

Implikasi ini terhadap peran guru :

– sebagai power for, tejadi manakala guru bekerja untuk kepentingan siswanya, memfasilitasi proses belajar  siswa, memberikan bimbingan intensif, mengarahkan dan mendukung

– sebagai power with terjadi manakala guru mampu bekerja secara berdampingan dengan siswa atas dasar prinsip kesederajatan dalam belajar bersama.

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PKn:

– Model Reflective inquiry

– Model Berpikir Induktif

– Model Inquiry Sosial

sumber: http://www.scribd.com/doc/16840572/Karakteristik-Model-Pembelajaran-Pkn

3 thoughts on “KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN PKn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s